Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Sehat Mengkonsumsi Kopi


Kopi merupakan minuman yang paling populer di dunia. Indonesia juga menjadi penghasil kopi terbesar ke-4 di dunia. Kopi dipercaya bisa membawa manfaat bagi tubuh. Namun, mengonsumsi kopi yang salah dan berlebihan akan berbalik menjadi efek samping yang  berbahaya.
Dengan mengetahui cara membuat kopi menjadi sehat, anda tidak perlu mengkhawatirkan lagi tentang kondisi tubuh karena mengonsumsi kopi.  Apa saja tips sehat mengonsumsi kopi?

Tidak Mengonsumsi Kopi di Sore Hari
Kopi merupakan salah satu sumber kafein alami terkaya dalam makanan. Kafein adalah stimulan, yang merupakan salah satu alasan utama kopi begitu populer. Ini memberi Anda banyak energi dan membantu Anda tetap terjaga ketika Anda merasa lelah.
Tetapi jika Anda minum kopi di sore hari, itu dapat mengganggu tidur Anda. Tidur yang buruk dikaitkan dengan segala macam masalah kesehatan. Dengan brgitu, penting untuk tidak minum kopi di sore hari. Jika Anda harus mengonsumsi kopi, pilihlah kopi tanpa kafein atau pilihlah secangkir teh yang mengandung jauh lebih sedikit kafein daripada kopi
Tidak minum kopi pada jam 2-3 sore adalah langkah yang tepat. Banyak orang mengatakan  tidak semua orang sama-sama sensitif terhadap kafein  dan beberapa orang mungkin tidur dengan baik bahkan jika mereka minum kopi di sore hari.
Namun, jika Anda merasa dapat meningkatkan kualitas tidur Anda dengan menghindari kopi di sore hari bisa menjadi strategi yang efektif.

Hindari Kopi Menggunakan Gula
Meskipun kopi itu sehat, Anda dapat dengan mudah mengubahnya menjadi sesuatu yang berbahaya. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menaruh sejumlah besar gula di dalamnya. Menambahkan gula bisa dibilang salah satu bahan terburuk dalam diet modern.
Gula terutama karena jumlah fruktosa yang tinggi, berkaitan erat dengan semua jenis penyakit serius seperti obesitas dan diabetes. Jika Anda tidak bisa mengonsumsi kopi tanpa pemanis, cobalah gunakan pemanis alami seperti stevia.

Pilih kopi sachet berkualitas atau kopi yang diolah sendiri
Kualitas kopi dapat sangat bervariasi tergantung pada metode pengolahan dan bagaimana biji kopi ditanam. Biji kopi cenderung disemprot dengan pestisida sintetis dan bahan kimia lain yang tidak baik jika terkonsumsi oleh manusia.

Jika Anda khawatir tentang kandungan pestisida pada kopi sachet yang sering dikonsumsi, cobalah pertimbangkan untuk membeli biji kopi organik (biji kopi yang dihaluskan sendiri). Misalkan membeli produk berisi biji kopi robusta atau arabika, kemudian kamu olah sendiri untuk meminumnya.

Bisa menggunakan alat khusus atau alat yang kamu punya di rumah. Kamu bisa menemukan informasi kopi di kopi berjajar.
Meskipun kandungan dalam kopi bisa membuat sehat, minum terlalu banyak dapat mengurangi manfaatnya secara keseluruhan. Asupan kafein yang berlebihan mungkin memiliki berbagai efek samping yang merugikan , meskipun sensitivitas orang bervariasi.

Secangkir kopi rata-rata mungkin mengandung sekitar 95 mg kafein, ini setara dengan sekitar dua cangkir kopi per hari untuk seseorang dengan berat badan 176 pound (80 kg).
Jumlah yang jauh lebih tinggi dari kafein (400-600 mg) per hari (sekitar 4-6 cangkir) bahkan  tidak berhubungan dengan efek samping yang merugikan pada kebanyakan orang .

Memikirkan resiko dan manfaat dari minum kopi harus mulai di sadari untuk tidak mengonsumsi kopi secara berlebihan dari batas normal. Jangan memaksakan jika tubuh kamu tidak kuat menerima kopi lagi.

Kopi dipercaya bisa meningkatkan fokus serta produktivitas namun, mengonsumsi secara berlebihan justru akan menimbulkan penyakit yang serius. Kamu tetap bisa mengonsumsi kopi dengan cara yang sehat.

Post a Comment for "Cara Sehat Mengkonsumsi Kopi"