Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kesehatan Mental : Gejala Hingga Upaya Mengatasinya

Kesehatan Mental : Gejala Hingga Upaya Mengatasinya

Kesehatan Mental : Gejala Hingga Upaya Mengatasinya

        Menjaga kesehatan memang perlu dilakukan oleh setiap orang, dan menjangan kesehatan tidak boleh hanya memperrdulikan kesehatan jesmani (fisik) belaka akan tetapi seseorang juga sangat penting untuk menjaga kesehatan mental atau kesehatan rohaninnya. Beberapa pakar kesehatan berasumsi bahwa orang yang mengalami gangguan mental dapat meninggal 5 hingga 10 tahun lebih cepat dari pada orang normal. Hal ini sungguh masuk akal, karena jika seseorang mengalami gangguan pada mentalnya akan mempengaruhi kualitas hidupnya. Semakin buruk kualitas hidupnya semakin buru kesehatan jesmaninya orang tersebut.

Pada dasarnya gangguan mental akan pada seseorang  akan mempengaruhi otak seseorang dan akan mempengaruhi kimiawi dalam otak pasiennya. Gangguan otak disinilah yang secara langsung akan mempengaruhi pola pikir anda, pola sikap anda bahkan juga akan mempengaruhi pola tindakan Anda. Beberapa kesehatan mental seseorang yang secara umum dapat dengan jelas di lihat seperti depresi, tingkat kecemasan yang tinggi, gangguan bipolar dan lain sebagainya,
Karena kesehahatan mentas sangat berpengaruh terhadap kesehatan fisik seseorang, alangkah baiknya anda mengetahui tanda-tanda atau gejala-gejala yang yang timbul karena kesehatan mental anda terganggu. Jika anda mengetahui gejalanya lebih awal anda  mengkonsultasikannya kepada dokter sehingga gangguan mental yang anda alami tidak sampai pada fase kronis.

Berikut gejala-gejala seseorang yang mengalami gangguan mental secara umum :
Merasa sedih berlebihan
Yang paling mudah terdeteksi dari gangguan mental adalah perasaan sedih yang menghindap pada orang yang sebenarnya normal. Rasa sedih bisa dikatakan sebagai gejalah gangguan mental apa bila tingkat kesedihan yang di alami orang tersebut sangat tinggi dan berlebihan.

Cenderung tidak bisa mengontrol emosional
Orang-orang yang mengalami gangguan mental sering kali tidak bisa mengkontrol emosional pada dirinya, sehingg orang tersebut akan lebih sering marah-marah hingga rentan melakukan kekerasan.

Kehilangan motivasi
Juga banyak ditemukan pada beberapa kasus bahwa salah satu yang disebabkan oleh gengguan mental adalah hilangnya motivasi hidup seseorang. Sehingga ia merasa tidak berdaya dan tidak mempunyai harapan dalam hidupnya.

Lebih suka menyendiri
Manusia yang sejatinya adalah makhluk sosial maka secara alami akan membawa dirinya untuk selalu mendekatkan diri dengan orang lain (sosialisasi). Berbeda dengan orang yang kesehatan mentalnya terganggu ia akan cenderung untuk mengasingkan diri dan menjauhi keramaian

Berputus asa hingga berencana bunuh diri
Seperti yang tertera pada poin ke tiga bahwa orang yang mengalami ganggguan mental akan kehinlangan motivasi hidup. Hal ini jika terus-terusan akan berdampak pada suatu fase keputus asaan. Dari fase inilah orang tersebut tidak sedikit yang berencana untuk buniuh diri dan mengakhiri hidupnya.

Baca juga: Cara Menjaga Kesehatan Bagi Pekerja Malam

Setelah anda mengetahui gejala-gejala yang ditimbulkan dari gangguan mental yang sedang menjangkit seseorang. Sebelum sampai pada fase kronis alangkah baiknya anda melakukan upaya pencegahan agar kehgidupan anda kedepannya lebih produktif dan tentunya hidup sehat baik jasmani atau rohani. Berikut yang  bisa mimin utarakan untuk upaya mencegah gangguan mental pada setiap orang :
Menerima dan memehami
Kebanyakan orang kadang merasa malu untuk menerima kenyataan  bahwa dirinya berada pada suatu keadaan atau kondisi gangguan mental. Langkah pertama yang penting dilakukan ketika Anda merasakan gejala-gejala yang di timbulkan oleh gangguan mental adalah menerima kenyataan dan memahami penyebabnya. Sehingga dengan  begitu Anda juga akan dapat mencarikan solusinya sebelum terlambat.

Meningkatkan daya sosial
Cara terbaik untuk menghilangkan gangguan mental dan menjaga kesehatan mental adalah meningkatkan kedekatan dengan orang lain (sosial). Dengan berbagi masalah dengan orang lain baik kepada teman atau keluarga akan membantu Anda untuk menyingkirkan masalah-masalah yang membuat pikiran dan mental anda terganggu. Sehingga dengan begitu kesehatan mental atau gangguan mental anda dapat dengan muda untuk di atasi.

Istirahat yang cukup
Banyak orang yang mempunyai aktifitas yang sangat padat sehingga kesempatan untuk beristirahat sangat sedikit. Katakanlah meraka yang terlalu sibuk memiliki pola todur yang kurang teratur, sehingga kurang nya tidur pada seseorang akan menyebabkan suasana hati dan pikiran yang kacau. Setidaknya anda ;perlu beristirahat atau tidur minimal 7 – 8 jam perhari untuk menjaga kesehatan mental anda.

Konsumsi makanan bergizi
Siapa bilang makanan yang bergizi hanya dapat membuat kekebalan terhadap fisik seseorang. Makanan yang bergizi juga akan sangat penting untuk menjaga kesehatan mental. Dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi dan penuh akan nutrisi akan membantu untuk menjaga kesehatan otak seseorang. Dengan otak yang sehat maka Anda akan semakin jauh untuk mengalami gangguan mental.

Setelah mengetahui tentang kesehatan mental dari gejala hingga upaya menggulanginya, alangkah baiknya kita semua melakukan riset terhadap diri kita sendiri dan orang-orang tercinta. Ketika diri kita atau orang yang kita cintai mengalami dampak seperti yang kita ketahui segeralah berkonsultasi kepada dokter atau kita bisa mencegahnya sendiri apabila gejala yang di timbulkan masih bersifat dasar.

Jika anda membutuhkan layanan kesehatan berbasis online anda bisa menggunakan Halodoc
Halodoc merupakan aplikasi kesehatan yang memberikan solusi kesehatan lengkap dan terpercaya untuk memenuhi kebutuhan kesehatan kamu
Dengan Halodoc kamu bisa langsung chat dokter, beli obat, cek lab dan kunjungan rumah sakit, lho! Fitur Halodoc juga paling lengkap se-Indonesia

Post a Comment for "Kesehatan Mental : Gejala Hingga Upaya Mengatasinya"