Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perkembangan Kereta Api di Indonesia

Perkembangan Kereta Api di Indonesia

Pengertian
Perkembagan teknologi perkeretaapian sudah sangat maju dengan pesat sekali, banyak bermunculan kereta-kereta modern seperti Mass Rapid Transit (MRT), Monorail, Light Rail transit (LRT) dan Kereta berkecepatan tinggi atau High Speed Rail (HSR).

Perkembangan kereta api di Indonesia bisa dibilang mengalami perkembangan yang cukup lamban dibanding dengan negara tetangga seperti Singapur yang sudah mulai membangun kereta bawah tanah pada tahun1986 dan kereta Automated Passenger Mover System (APMS) di Bandara Changi, Negara tetangg Malaysia yang sudah memiliki monorail dan LRT untuk angkutan komuter dan kemaren sudah membangun kereta cepat namun terhenti karena permasalahan politik.

Indonesia beberapa tahun belakangan, mulai mengalami perkembangan yang sangat signifikan dalam moda transportasi khususnya kereta api. Ada MRT Jakarta yang melintas dari selatan menuju pusat Jakarta, Automated Passenger Mover System (APMS) Bandara Soekarno Hatta yang menghubungkan antar terminal, Light Rail Transit (LRT) Palembang yang menguhubungkan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II menuju kawasan olahraga Jaka Baring. LRT Jakarta, LRT Jabodebek dan Kereta Cepat Jakarta - Bandung yang saat ini masih dalam proses pembangunan.
Tentu dengan harapan kedepan, transportasi kereta api ini dapat menjadi tulang punggung perpindahan orang dari satu tempat ke tempat lainnya.

Transportasi kereta api sangat irit dibanding dengan angkutan bus, dalam satu kali perjalanan kereta api sebanding dengan 50 unit bus. Hal ini dapat mengurangi beban jalanan yang semakin tinggi dan dapat mengurangi polusi udara.

Menarik untuk membahas tentang kereta api lebih mendalam, seperti yang dilansir dari keretapedia.com bahwa perkeretaapian terdiri dari suatu kesatuan yaitu prasarana perkeretaapian, Sarana Perkeretaapian, SDM Perkeretaapian dan Sistem yang berjalan.
Prasarana Perkeretaapian merupakan suatu bangunan fisik guna menunjang pelaksanaan perkeretapaian. Prasarana Perkeretaaapian terdiri dari bangunan stasiun, jalur rel, terowongan dan jembatan kereta api.

Sarana perkeretaapian terdiri dari sarana berpenggerak sendiri, sarana ditarik dengan lokomotif, sarana berpenggerak listrik, sarana tidak berpenggerak dan sarana khusus peruntukannya. Seperti Lokomotif yang masuk kedalam kategori sarana berpenggerak sendiri, kereta penumpang dan gerbong yang masuk kedalam sarana ditarik lokomotif, KRL sebagai sarana berpenggerak listrik dan kereta inspeksi sebagai sarana khusus.

Selain sarana dan prasarana, faktor sumber daya manusia juga menjadi faktor pendukung dalam perkembangan transportasi kereta api. Pengembangan Sumber daya manusia yang berkelanjutan dan terintegrasi tentu dapat meningkatkan peran serta dalam meningkatkan kemanjuan dan keselamatan kereta api.

Sumber daya manusia kereta api terdiri dari Awak sarana perkeretaapian atau yang lebih kita kenal dengan masinis dan asisten masinis. Mereka memiliki peran yang sangat begitu besarnya dalam operasi kereta api. Faktor keahlian dan keseriusan serta fokus dalam bekerja dituntut sangat tinggi dalam menjalankan tugasnya. Tidak khayal lagi, Masinis dan Asisten Masinis saat ini sangat banyak peminatnya karena kesejahteraan mereka mulai diperhatikan dengan menaikan gajih dan tunjangan operasional.

Selain masinis dan asisten masinis, terdapat PPKA atau pengatur perjalanan kereta api. Tugas dari PPKA adalah meyakinkan dan menjamin operasional kereta api dengan aman dan lancar pada petak lintasan tertentu. PPKA juga dituntut untuk memiliki integritas kerja yang sangat tinggi. Beban kerja yang cukup tinggi terutama pada lintasan dengan lalu lintas kereta api yang tinggi membuat PPKA harus sangat fokus.

Selain Masinis, Asisten masinis dan PPKA, masih terdapat banyak SDM perkeretaapian. Seperti tenaga perawatan dan pemeriksan sarana dan prasarana kereta api.
Demikian penjelasan singkat tentang transportasi kereta api. Untuk mendapatkan pemahaman dan literasi seputar kereta api dapat mengunjungi keretapedia.com sebagai media berbagi literasi seputar kereta api.

Post a Comment for "Perkembangan Kereta Api di Indonesia"