Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips hidup sehat selama puasa

Tips hidup sehat selama puasa

Tips hidup sehat selama puasa

Romadhan adalah salah satu bulan yang sangat di nantikan oleh orang-orang muslim yang ada didunia karena pada bulan tersebut Allah SWT banyak menurunkan rahmat dan pahalanya kepada seluruh makhluk-makhluknya. Salah satu pahala yang pasti didapatkan pada bulan ramadhan ini adalah pahala Puasa.
Pasti semua orang sudah tau kana pa itu puasa, jika masih belum tau biarkan mimin menjelaskan sedikit tentang puasa. Puasa adalah menahan diri dari makan dan minim mulai dari terbitnya fajar sampai tenggelamnya matahari. Nah dari puasa tersebut juga tidak sedikit lho orang-orang yang meragukan kesehatan di kala berpuasa karena keterbatasan makan dan minum serta mengkonsumsi makanan di siang hari.
Namun Anda tidak perlu khawatir, karena mimin mempunya tips-tips tetap sehat selama menjalankan puasa. Yukkk simak tips di bawah ini :

Perbanyak minum Air putih
Pengetahuan umum menjelaskan bahwa sebagai besar tubuh menusia tersusun dari H2O (Air). Dari susunan tersebutlah timbul sebuah analisa dari mimin bahwa ketika sudah berbuka puasa cukupilah kebutuhan cairan pada tubuh anda dengan memperbanyak minum air putih. Tapi tetap dalam batas wajar lho ya
Makan tetap pada porsinya
pada setiap puasa pasti Anda tidak akan asing dengan sistem balas dendam. Balas dendam yang di maksudkan disini adalah “karena siangnya tidak makan dan tidak minum, maka ketika berbuka puasa makan sebanyak-banyaknya” hal tersebut sangat tidak bagus untuk kesehatan Anda. Sebaiknya sekalipun anda tidak makan dan tidak minum seharian, ketika berbuka puasa tetaplah makan sesuai dengan porsi anda sehari-hari.

Tidur secukupnya
Tidur memang juga menjadi kebutuhan manusia, untuk hidup tetap sehat manusia membutuhkan istirahat setidaknya selama 8 jam setiap harinya. Begitu pula dengan orang yang sedang berpuasa untuk tetap mencukupi kebutuhan istiratnya. Selain untuk kebutuhan hidup sehat tidur juga akan membuat kelancaran ibadah selama bulan puasa lho.
Perbanyak makan sayur dan buah-buahan
Ketika berbuka puasa atau pun sahur, dari pada anda banyak mengkonsumsi makanan hyang berminyak seperti gorengan dan lain sebagainya. Alangkah bainya anda banyak mengkosumsi buah dan sayur, karena buah dan sayar mempunyai serat yang tinggi sehingga membuat anda kenyang dengan kalori yang sedikit. Selain itu buah dan sayur juga mengandung banyak vitamin, sehingga akan menjaga daya tahan tubuh anda selama berpuasa.

Lakukan olahraga kecil
Pada saat puasa bukan menjadi alasan bagi anda untuk Mogok olahraga, ada beberapa jenis olah raga ringan yang bisa anda lakukan selama berpuasa sehingga kebutuhan olahraga untuk kesehatan badan tetap tercukupi. salah satu olahraga ringan yang bisa anda lakukan selama berpuasa adalah bersepeda. Dengan tetap berolah raga selama puasa kekuatan den kebugaran tubh anda tetap terjaga serta anda juga akan bersemangat dalam menjalan kan berbagai aktifitas kesehariannya.

Post a Comment for "Tips hidup sehat selama puasa"