Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

TIPS MEMILIH LAPTOP TAHUN 2020

TIPS MEMILIH LAPTOP TAHUN 2020


TIPS MEMILIH LAPTOP TAHUN 2020

Salah satu barang elektronik yang semakin dibutuhkan belakangan ini adalah Laptop atau yang biasa kita sebut komputer jinjing. Sebuah komputer yang mempunyai layar, keyboard sendiri dan punya baterai. Setidaknya itulah defenisi dari laptop itu sendiri.

Dimasa Pendemi Covid-19 ini, semua aktifitas mulai dilakukan dari rumah masing-masing, agar menjaga sosial distancing dalam mengurangi penyebaran  virus ini, dan karena faktor ini, laptop semakin dibutuhkan.

Agar tidak keliru saat membeli laptop baru (maupun second), ada beberapa hal yang sudah sewajibnya kamu perhatikan agar tidak menyesal dikemudian hari. Apa saja itu? Berikut pembahasannya :

  1. RAM Besar
Semakin lama aplikasi semakin canggih, dan ada satu hal menarik disana, penggunaan RAM juga ikut bertambah. Jikalau RAM 2 GB sudah sangat mumpuni beberapa tahun yang lalu, kalau sekarang RAM sebesar itu sangat kecil sekali, ditengah banyaknya kebutuhan pemakaian aplikasi.

Disini kita perlu melihat kebutuhan kamu membeli laptop tersebut. Kenapa melihat kebutuhan? Karena tiap orang punya kegiatan yang berbeda-beda.

Jika kamu menggunakan laptop hanya menjalankan 1-2 aplikasi saja secara bersamaan dan termasuk ringan, seperti Microsoft Word untuk mengetik, dan browser Google Chrome/Firefox/Edge untuk mencari informasi di internet, maka kebutuhan RAM 2 GB sudah bisa dikatakan cukup.

Namun, apabila kamu adalah orang yang menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan, misalnya Adobe Premiere, Google Chrome buka banyak tab, Nonton Film, maka ram 2 GB sudah sangat kecil. Minimal 8 GB lah untuk kebutuhan tingkat menengah.

Apabila aktifitas kamu sudah dikategorikan berat dan banyak, RAM 16 GB sudah selayaknya menjadi pilihan.

  1. Prosesor
Di dunia laptop, ada 2 prosesor yang terkenal, Intel dan AMD. Intel biasanya harganya lebih mahal daripada AMD, namun lebih stabil suhu nya ketimbang AMD yang lebih cepat panas.

Dalam memilih prosesor juga melihat pada kebutuhan kamu. Jika kamu hanya menggunakan aplikasi seperti Microsoft Office (Word, Excel, dan sebagainya), prosesor Intel N4000 dan setingkatnya sudah bisa dipilih.

Namun apabila penggunaan aplikasi kamu sudah lumayan berat misalnya editing video, gaming menengah, maka kamu harus memilih setidaknya Intel core i-5 keatas.

Apabila aktifitas kamu benar-benar ditingkat gila, dan punya budget sultan, prosesor seharga puluhan juta yakni Intel core i-9 bisa menjadi pilihan.

  1. Memori Penyimpanan SSD
Di zaman sekarang ini yang rata-rata laptop sudah menggunakan sistem operasi Windows 10, kamu haruslah mengambil pilihan untuk menggunakan memori penyimpanan jenis SSD.

Jangan gunakan HDD lagi. Dari segi harga, SSD memang lebih mahal ketimbang HDD, tapi dari kecepatan dan kenyamanan penggunaan, SSD adalah pemenangnya.

Sudah tidak zamannya lagi waktu yang dibutuhkan untuk menyalakan laptop (booting) lebih dari 1 menit. Penggunaan HDD hanya akan meningkatkan darah tinggi kamu karena keleletannya.

Apabila kamu pecinta koleksi film, seperti drakor, anime, dan sebagainya, sebaiknya beli harddisk (HDD) eksternal saja, jika kebutuhan penyimpanan kamu cukup besar.

Namun ada pilihan untuk lebih irit, yakni membeli laptop dengan memori penyimpanan 2 jenis, SSD untuk menyimpan data sistem operasi dan aplikasi, dan HDD nya untuk menyimpan foto, video, dan file-file ukuran gajah lainnya.

Kesimpulan
Dalam memilih laptop, kita tidak boleh asal-asalan. Karena laptop adalah barang yang kategori cukup mahal, dan digunakan untuk durasi waktu yang panjang, bisa sampai 5 tahunan. Pilihlah yang sesuai kebutuhan.

Jika terlalu tinggi, justru jadi mubazir. dan jika terlalu rendah maka hanya menambah stress diri anda.

Demikianlah pembahasan laptop kali ini, apabila kamu suka pembahasan tentang laptop, kamu bisa datang ke blog Pubiway, yang juga sering membahas hal seperti ini.  Thank you~

Post a Comment for "TIPS MEMILIH LAPTOP TAHUN 2020"