Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Yuk, Intip Pola Hidup Sehat Menjelang Hari Raya

Yuk, Intip Pola Hidup Sehat Menjelang Hari Raya

Yuk, Intip Pola Hidup Sehat Menjelang Hari Raya

Tidak terasa lebaran tinggal menghitung hari, namun cuaca di Indonesia tetap saja tidak menentu. Terkadang seharian terik sinanr matahari membakar sehingga menyebabkan panas yang teramat sangat, di sisi lain pada hari berikutnya curah hujan sangat tinggi sehingga seharian kita tidak bisa menikmati cahaya matahari. Ketidak tertentuan cuaca seperti ini sangat berpotensi untuk menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Apalagi pada siang hari di bulan ramadhan mewajibkan kapada semua orang islam untuk melakukan aktivitas puasa.
Ketidak stabilan cuaca ini kadang kala menjadi kegelisahan dan kekhawatiran masyarakat terjangkit sebuah penyakit. Nahh, pada kesempatan kali ini alangkah baiknya bagi anda semua untuk tetap menjaga kesehatan agar ketika hari lebaran anda tetap dalam keadaan sehat dan menikmati lebaran dengan keceriaan dan kebahagiaan bersama keluarga.
Berikut tips menjaga kesehatan di minggu terakhir pada bulan ramadhan :
Tetap mejaga pola makan
Mungkin pada hari-hari  biasa di luar bulan ramadhan menjaga pola makan adalah dengan cara makan secara teratur yakni 2 -3 kali sehari. Namun apakah pada bulan ramadhan kita umat islam tetap bisa menjaga pola makan? Tentu jawabannya adalah “pasti bisa” yakni dengan cara makan pada waktu  buka puasa dan sahur tetap pada porsinya. Jika perlu anda bisa menambah menu makan dengan sayur mayor yang di percaya dapat menambahkan protein sehingga tubuh anda tetap sehat. Anda juga bisa menambahkan buah-buahan sebagai pencuci mulut selepas berbuka puasa ataupun setelah sahur.

Menjaga kebersihan
Tidak dapat di pungkiri terciptanya pola hidup sehat adalah dengan menjaga lingkungan tempat tinggal seseorang tetap bersih. Pada bulan ramadhan ini alangkah baiknya kita senantiasa menjaga lingkungan tetap bersih. Salah satu hal yang paling mudah untuk menciptakan lingkungan tempat tinggal tetap bersih adalah rajin menyapu halaman setiap hari. Dengan begitu akan tercipta hidup sehat dan pahala anda akan dilipat gandakan karena kebersihan adalah sebagian dari iman.

Hidup aktif, bergerak dan berolah raga
Banyak sekali keluhan di saat bulan Ramadhan lantaran seorang yang menjalankan aktifitas puasa kekurangan zat cair dan protein lainnya karena sedang menahan diri dari makan dan minum. Situasi dan kondisi seperti itu akan membuat seseorang tampak lemes dan malas untuk beraktifitas. Hal tersebut tentu sangat tidak baik untuk kesehatan. Maka dari itulah manjakan diri Anda untuk tetap  hidup aktif dan berolahraga agar aliran darah dalam tubuh Anda tetap stabil. Salah satu olahraga yang sangat cocok di lakukan saat bulan puasa adalah bersepeda atau berlari-lari kecil disekitar tempat tinggal anda. Dengan melakukan aktifitas olah raga tersebut hidup anda akan tetap sehat hingga lebaran tiba.

Berbagai kegiatan dan aktifitas dalam kehidupan sehari-hari jangan sampai terputus hanya karena anda sedang melakukan kewajiban berpuasa. Karena tubuh kita juga memerlukan gerakan-gerakan aktif untuk tetap melancarkan aliran darah keseluruh tubuh agar pola hidup dapat dikategorikan sehat, baik sehat rohani maupun jasmani.

Post a Comment for "Yuk, Intip Pola Hidup Sehat Menjelang Hari Raya"