Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Kebiasaan di masa muda yang bisa mencegah penyakit jantung

8 Kebiasaan di masa muda yang bisa mencegah penyakit jantung


8 Kebiasaan di masa muda yang bisa mencegah penyakit jantung

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang paling berbahaya di dunia. Data dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bahkan menyebutkan bahwa ini merupakan penyebab kematian nomor satu yang dapat membunuh 17,9 juta orang per tahunnya.

Namun penyakit ini dapat dicegah dengan menjaga gaya hidup sejak kita menginjak usia 30 hingga 30 tahunan. Berikut ini kebiasaan-kebiasaan yang sebaiknya mulai kamu lakukan dari sekarang agar terhindar dari penyakit jantung nanti!


1. Ketahui riwayat kesehatan keluargamu
Yang pertama yang harus kamu lakukan adalah melihat riwayat kesehatan keluarga. Adakah orang tua, saudara, kakek dan nenek sobat yang memiliki penyakit jantung?

Jika iya, bukan berarti kamu pasti mengalaminya juga. Akan tetapi hal ini akan meningkatkan risikomu untuk memiliki penyakit yang sama.

Lalu apa yang harus dilakukan berikutnya? Tentu kamu harus mulai menjaga kesehatanmu dari sekarang. Jangan sampai kamu melakukan kebiasaan-kebiasaan yang semakin meningkatkan risiko tersebut. Hal ini berlaku untuk semua orang, tak hanya mereka yang memiliki riwayat penyakit jantung di keluarganya.

Lanjutkan ke poin-poin di bawah ini untuk mengetahui apa saja yang harus kamu lakukan, ya!

2. Selalu jaga pola makan
Salah satu kesalahan di usia 20-30 tahunan yang sering dilakukan adalah tidak peduli dengan apa yang kita makan karena merasa sehat-sehat saja. Semua jenis makanan dilahap, mulai dari junk food, makanan dengan gula berlebih, makanan berlemak tinggi, dan lain sebagainya.

Padahal ini akan membahayakan jantung di kemudian hari. Kolesterol tinggi, gula darah naik, obesitas, semuanya adalah faktor risiko penyakit jantung. Maka dari itu, sedari muda biasakan mengontrol makanan. Mengonsumsi hidangan tak sehat boleh sesekali, namun imbangi dengan makan sayur, buah, dan penuhi semua nutrisi yang kamu butuhkan.

3. Hindari merokok dan terpapar asap rokok
Banyak orang yang berjanji pada dirinya sendiri bahwa mereka akan berhenti merokok ketika memasuki usia 40 atau 50 tahunan. Ini adalah tindakan yang keliru. Justru merokok dari usia 20 hingga 20 tahunan akan berpengaruh besar pada kesehatan jantung dan paru-paru kita nanti.

Laporan National Heart, Lung, and Blood Institute mengatakan bahwa kebiasaan tersebut akan meningkatkan risiko penyakit jantung iskemik, atherosclerosis, gagal jantung, serangan jantung, dan lain sebagainya. Risiko tersebut juga berlaku untuk orang-orang yang menggunakan rokok elektrik.

Selain menghindari merokok, hindari pula terpapar asap rokok secara terus menerus. Menurut US Surgeon General Report, para perokok pasif memiliki risiko 30 persen untuk terserang penyakit jantung dan kanker paru-paru hanya dengan menghirup asap rokok.

4. Check-up secara rutin
Berikutnya adalah biasakan untuk check-up kesehatan secara berkala. Kamu bisa mendapatkannya di berbagai tempat kok, mulai dari rumah sakit, klinik, atau bahkan badan-badan tertentu yang menyelenggarakannya.

Saat check-up, kamu harus mengetahui kesehatan jantung, tekanan darah, tingkat kolesterol, detak jantung, gula darah, hingga indeks massa tubuh. Jangan ragu untuk bertanya kepada dokter ketika ada data yang tak kamu ketahui.

5. Tidur dengan cukup, jangan biasakan overwork
Jangan lupa untuk beristirahat. Usia 20 hingga 30 tahunan memang bisa dibilang usia yang sibuk. Kamu harus kuliah, bekerja, atau bahkan ada pula yang sudah berkeluarga. Namun jangan abaikan waktu tidurmu, ya.

Mengutip laporan Sleep Foundation, orang yang tidak mendapatkan tidur dengan cukup memiliki risiko penyakit jantung dan jantung koroner yang tinggi. Ini karena kurang tidur dapat meningkatkan tekanan darah, gula darah, dan inflamasi.

6. Olahraga secara teratur
Olahraga tak bisa dimungkiri merupakan cara yang penting untuk mencegah berbagai penyakit, salah satunya adalah penyakit jantung. Laporan dari New England Journal of Medicine mengatakan bahwa kebiasaan tersebut mampu mengurangi risiko serangan jantung, stroke, dan lain sebagainya tanpa memandang indeks massa tubuh, usia, atau ras.

Maka dari itu, mulai sekarang biasakan berolahraga, ya. Berjalan, jogging, yoga, pilates, atau kardio, semuanya boleh kok sesuaikan saja dengan preferensimu. Sekarang bahkan banyak video olahraga di YouTube yang bisa kamu tiru. Lakukan setidaknya 30 menit setiap harinya, ya.

7. Kelola stres dengan baik
Selain sibuk, orang-orang berusia 20 hingga 30 tahun juga sangat rentan terhadap stres. Ada banyak tuntutan yang harus dipenuhi, ada banyak ekspektasi yang diemban. Stres pun sulit untuk dihindari. Hal ini bisa berasal dari pekerjaan, pendidikan, finansial, keluarga, dan lain-lain.

Walaupun begitu, kita harus bisa mengelola stres dengan baik. Jangan biarkan semua tekanan itu terus menumpuk dan akhirnya menyerang kondisi fisik kita. Jantung adalah salah satu organ yang bisa terkena imbasnya, lho.

Sering-seringlah praktikkan self-care. Hal ini dapat berupa meluangkan waktu untuk me-time, merawat tubuh, melakukan hobi, atau sesederhana beristirahat tanpa gangguan. Lakukan apa yang membuatmu merasa lebih nyaman. Jangan lupa bahwa kesehatan mental sama pentingnya dengan fisik.

8. Ketahui angka-angkamu
Yang dimaksud dengan angka di sini merupakan tingkat ideal atau normal dari setiap tanda vital. Berikut ini di antaranya:

Tekanan darah: 90/60 mmHg hingga 120/80 mmHg
Kolesterol: untuk total seharusnya kurang dari 200 mg/dL. Sedangkan kolesterol jahat (LDL) seharusnya kurang dari 100 mg/dL
Indeks massa tubuh: 18,5 hingga 24,9 kg/m2
Trigliserida: kurang dari 150 mg/dL
Gula darah: kurang dari 100 mg/dL.
Setiap kali check-up, kamu harus membandingkan angka yang kamu dapatkan dengan kadar normal di atas. Jika ada yang terlalu rendah atau terlalu tinggi, kamu harus memperbaikinya. Jangan ragu untuk konsultasi dengan dokter mengenai apa saja yang perlu kamu lakukan.

Jika kamu membiasakan semua hal yang disebutkan di atas mulai dari sekarang, kamu bisa mengurangi risiko penyakit jantung di masa depan. Ini juga termasuk salah satu cara mencintai diri sendiri, lho! Gak mau, kan, usiamu yang berharga dihabiskan untuk berobat nantinya?

Post a Comment for "8 Kebiasaan di masa muda yang bisa mencegah penyakit jantung"