Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Metode Medidik Anak Yang Baik

Metode Medidik Anak Yang Baik


Metode Medidik Anak Yang Baik

Orang tua adalah pendidikan pertama bagi anaknya, lebih-lebih seorang ibu. Seperti yang terkandung dalam ajaran agama islam yakni “Al-umm Al-madrhosatil Ula” yang artinya seorang ibu adalah madrhasah (tempat belajar) yang pertama bagi anak-anaknya. Melihat dari rujukan tersebut seorang ibu adalah orang yang pertama untuk memberididikan kepada anak-anaknya maka berilah Dia (seorang anak) pendidikan yang yang baik dan benar. Agar menjadi anak yang berguna bagi nusa dan bangsa dan tentunya berbakti nagi norang tua.

Namun akhir-akhir ini banyak terjadi persoalan jika hendak menjadikan orang tua sebagai pendidik yang layak bagi anaknya. Banyak  varian yang memunculkan Persoalan tersebut salah satunya adalah latar pendidikan orang tua yang kurang mumpuni. Pasalnya, sebagaian penduduk Indonesia mempunyai riwayat pendidikan yang rendah seperti hanya Tamat SD. Riwayat tersebutlah yang menjadi persoalan dan keberatan setiap orang tua untuk mendidik anaknya. Mereka lebih memasrahkan tentan pendidikan anaknya kapada orang lain yang dirasa lebih mumpuni dari dirinya.

Memasrahkan pendidikan anaknya kepada orang lain yang lebih mumpuni dari dirinya juga tidak salah. Akan tetapi Anda sebagai orang tua juga bisa mendidik anak-anaknya agar menjadi anak yang bermanfaat dan berkualitas. Salah satu hal yang bisa diberikan orang tua kepada anaknya adalah sebagai berikut :
Memberi kebebasan kepada Sang Anak
Penulis menyimpulkan bahwa kado berharga dari orang tua kepada anaknya adalah ”memberi kebebasan kepada anaknya sendiri selama anak tersebut tidak melenceng dari nilai moral dan nilai syariat”. Dengan memberi kebebasan tersebut akan melatih seorang anak untuk mencari jati dirinya sendiri dan melatih kemandiriannya

Memberi Kesempatan Untuk Bersosialisasi
Banyak kasus yang terjadi di Indonesia adalah pengekangan terhadap anak. Sxalah satu contoh pengekangan yang dinilai mendidik anak adalah memberikan segala bentuk keperluan anak di dalam rumah. Hal ini membuat anak tersebut banyak menghabiskan waktu didalam rumah tanpa menerima gesekan-gesekan dari luar. Metode pengekangan tersebut sangat tidak bagus terhadap pendidikan anak tertutama dalam pendidikan mental.

Menjadi tauladan
Jika anda sebagai orang tua tidak memiliki kemampuan mendidik dengan lisan, anda masih mempunyai kesempatan mendidik anaknya dengan cara memberi tauladan yang baik kepada anaknya. Karena seorang anak yang berusia dini akan menangkap segala perilaku sosial dan dijadikannya sebuah pelajaran bagi dirinya. Maka anda sebagai orang tua bersikaplan yang baik dan benar terutama di depan anaknya.

Dengan tiga metode pendidikan anak tersebut dapat dipasti kan anda menjadi orang tua yang mampu memberikan pendidikan yang baik kepada anaknya. Serta anak anda akan menjadi seorang yang mempunyai kepribadian yang kokoh dan tangguh.

Post a Comment for "Metode Medidik Anak Yang Baik"