Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Selama Dirumah, Orang Tua Juga Bisa Memberikan Pendidikan Moral

Selama Dirumah, Orang Tua Juga Bisa Memberikan Pendidikan Moral

Selama Dirumah, Orang Tua Juga Bisa Memberikan Pendidikan Moral

Siapa yang tidak tahu tentang moralitas? Pasti semua makhluk yang berpikir akan mengetahui sedikitnya tentang moralitas atau moral. Sederhanya moral adalah sebuah sikap ataupun sifat yang mempunyai nilai positif di mata manusia lain. Jika dalam ajaran islam moral adalah sebuah akhlak atau sebuah perbuatan yang mampu membuat penilaian di mata orang lain. Jika Akhlaq baik maka penilaian orang lainpun akan baik begitu pula sebaliknya.

Dalam khazana pendidikan, pendidikan moral menjadi hal yang sentral untuk di terapkan karena pendidikan moral inilah yang akan membentuk jati diri dari setiap orang atau pelajar. Pendidikan moral juga akan membuat seorang pelajar dapat membedakan yang baik dan buruk, salah dan benar serta positif dan negative. Sehingga jika pendidikan moral benar-benar di terapkan dengan metode yang pas dan mudah diopahami akan melahirkan sebuah generasi yang yang berkualitas dan mampu menyemai norma dan nilai kemanusiaan.

Namun ada persoalan yang sangat mendasar untuk memberikan sebuah materi tentang moral ditengah-tengah pandemi covid-19. Pertanyaan mendasarnya adalah “apakah bisa pendidikan moral dilakukan diluar sekolah” jawabannya adalah “pasti bisa”.

Hari ini, Indonesia sedang dilanda olah sebuah wabah yang sangat mengancam kehidupan manusia, wabah tersebut adalah penyakit yang di sebabkan oleh virus corona atau covid-19. Keberadaan wabah ini membuahkan dampak yang sangat fundamental salah satu nya adalah mandeknya pendidikan formal di berbagai lembaga pendidikan di Indonesia. Berhentinya kegiatan belajar disekolah membuat para siswa melakukan pendidikan di rumah dengan sistem daring yakni seperti pendidikan jarak jauh.

Pendidikan sistem daring ini memberikan fungsi ganda bagi orang tua. Orang tua yang awaqlnya sebagai seorang pelindung dan memberi nafkah kepada anak-anaknya juga mempunya peran lebih yakni sebagai pendidik. Kesempatan ini sangat bagus untuk seorang anak untuk memberikan pemahaman tentang moral yang bertujuan untuk membentuk jati diri seorang anak. Salah satu contoh yang bisa orang tuala lakukan untuk memberikan pendidikan moral kepada anak adalah dengan mrningkatkan kemandirian anak. Misalnya seperti mendorong anak-anak tersebut untuk melakukan aktivitas sehari-harinya dengan mandiri.

Dengan meningkatkan kemandirian anak tersebut lambat laun anak tersebut akan terbiasa melakukannya seorang diri tanpa tergantung kepada orang tua. Kebiasaan tersebut jika di terapkan terus menerus si anak tersebut lambat laun akan menemukan jati dirinya sendiri. Sehingga tanpa pendidikan disekolahpun pendidikan moral dalam rangka mecari jati diri seorang anak tetap bisa dilakukan dengan bantuan orang tua.

Post a Comment for "Selama Dirumah, Orang Tua Juga Bisa Memberikan Pendidikan Moral"