Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bos Twitter menyumbangkan $ 3 juta untuk proyek pendapatan universal dasar

Kepala eksekutif Twitter Jack Dorsey telah menjadi investor pertama dalam rencana radikal untuk memberi orang penghasilan dasar, terlepas dari status pekerjaan.

Dia telah menyumbangkan $ 3 juta (£ 2,4 juta) untuk skema, yang sedang diujicobakan oleh walikota 16 kota AS.

Dia mengatakan itu adalah "salah satu alat untuk menutup kesenjangan kekayaan dan pendapatan".

Gagasan pemerintah membayar pendapatan dasar kepada warga telah mendapatkan momentum dalam menanggapi ancaman terhadap pekerjaan dari kecerdasan buatan.



Premis dari pendapatan dasar universal (UBI) adalah bahwa setiap individu di suatu negara akan menerima pembayaran tunai secara berkala, tanpa persyaratan apa pun untuk bekerja atau memenuhi syarat untuk itu. Pembayaran akan diberikan kepada setiap warga negara, terlepas dari kekayaan atau status pekerjaan.

Skema AS, dijuluki Walikota untuk Penghasilan yang Dijamin, adalah versi ini yang akan menawarkan pembayaran berulang, tetapi hanya untuk "beberapa" penduduk.

Di situs webnya, tidak disebutkan secara eksplisit siapa yang akan menerima pembayaran tetapi berbicara tentang perlunya mengatasi kemiskinan, terutama mengingat pandemi coronavirus.

"Covid-19 hanya semakin mengekspos kerapuhan ekonomi sebagian besar rumah tangga Amerika dan secara tidak proporsional berdampak pada orang kulit hitam dan coklat," katanya.

"Para walikota akan berkumpul bersama dalam jaringan ini untuk mengadvokasi pendapatan yang dijamin - pembayaran tunai langsung, yang berulang - yang mengangkat semua komunitas kita, membangun Amerika yang tangguh dan adil,"

Tidak ada proposal yang pasti tentang bagaimana uang akan dialokasikan, atau untuk berapa lama skema itu akan bertahan.

Dorsey tweeted: "Ini adalah salah satu alat untuk menutup kesenjangan kekayaan dan pendapatan, tingkat ras sistemik dan ketidaksetaraan gender dan menciptakan keamanan ekonomi untuk keluarga".

Proyek ini didirikan oleh walikota Stockton Michael Tubbs, yang ingin menjadi program nasional yang akan melampaui pandemi saat ini.

Dia sebelumnya mengatakan bahwa menaikkan pajak perorangan seperti Dorsey bisa menjadi salah satu cara untuk mendanainya.

Pemain berusia 29 tahun ini berusaha untuk menemukan kembali kota California tempat ia dibesarkan dan telah bereksperimen dengan gagasan pendapatan universal sejak 2018, membayar $ 500 sebulan untuk 125 penduduk.

Ancaman pengangguran

Pembicaraan tentang pendapatan dasar universal telah ada selama beberapa dekade tetapi telah menjadi terkait erat dengan gagasan kecerdasan buatan - argumennya adalah bahwa ketika robot mengambil alih lebih banyak pekerjaan di masyarakat, manusia akan membutuhkan pendapatan tahunan yang dijamin disediakan oleh pemerintah.

Tetapi Martin Luther King juga menyarankan gagasan itu dalam bukunya tahun 1967, Where Do We Go From Here?

Pakar AI, Calum Chace, mengatakan bahwa pendapatan dasar universal bisa jadi agak jauh.

"Ini dilihat oleh banyak orang sebagai solusi terhadap ancaman pengangguran karena mesin mengotomatiskan semakin banyak pekerjaan kami di tahun-tahun dan dekade mendatang," katanya. "Sayangnya, itu sama sekali tidak terjangkau jika menawarkan lebih dari sekadar kemiskinan.

"Tetapi jika, katakanlah, dalam satu generasi dari sekarang mesin benar-benar mengambil sebagian besar pekerjaan kita, kita semua harus dapat menjalani kehidupan santai yang dijanjikan para ekonom seperti Maynard Keynes sejak lama - jika, yaitu, kita dapat mencapai ekonomi kelimpahan, di mana biaya standar hidup yang sangat baik mendekati nol.

"Gagasan kapitalisme mewah sepenuhnya otomatis adalah hal besar berikutnya, begitu orang memahami keterbatasan UBI."

Post a Comment for "Bos Twitter menyumbangkan $ 3 juta untuk proyek pendapatan universal dasar"