Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengapa Inggris menutup telepon dengan suplai kit 5G dan broadband

Ini adalah masa-masa menegangkan bagi Huawei dan penyedia telekomunikasi Inggris.

Perdana menteri akan segera meninjau penggunaan peralatan perusahaan China, dengan anggota parlemen ditetapkan untuk diberitahu tentang keputusannya pada hari Selasa.

Tampaknya Boris Johnson akan menetapkan tenggat waktu kapan perusahaan harus berhenti terlibat dalam jaringan 5G negara itu. Tetapi yang tidak jelas adalah apakah dia juga akan memerintahkannya untuk dihapus dari sistem broadband seluler dan fixed-line lainnya juga.

Keputusan ini tidak hanya akan berdampak pada peluncuran layanan data berkecepatan tinggi tetapi juga dapat mendorong negara-negara lain untuk memikirkan kembali hubungan mereka sendiri dengan Huawei.



Apa saja pilihannya?
Pada bulan Januari, pemerintah memerintahkan agar pangsa pasar broadband 5G dan serat-ke-lokasi (FTTP) Huawei dibatasi hingga 35%, dan juga dihapus dari bagian paling sensitif dari jaringan seluler, yang dikenal sebagai inti.

Sejak saat itu para menteri mengatakan bahwa "seiring waktu" mereka menginginkan vendor berisiko tinggi - termasuk Huawei - yang akan dikeluarkan secara langsung, tetapi belum mengatakan kapan.

Beberapa jaringan seluler Inggris telah menghabiskan banyak uang untuk memasang tiang Huawei dan peralatan lainnya untuk menghubungkan ponsel cerdas ke jaringan 5G mereka.

Mereka mengatakan mereka ingin sekitar tujuh tahun untuk menggantinya dengan opsi lain jika mereka harus, dan dengan dorongan bisa melakukannya dalam lima.

Tetapi beberapa anggota parlemen Tory mengatakan perbuatan itu harus dilakukan sebelum pemilihan umum 2024.

Jaringan mengklaim ini akan sulit, paling tidak karena BTS 5G saat ini sering meningkatkan kit 4G yang ada. Jadi swap ke pemasok lain adalah pekerjaan yang lebih besar daripada yang mungkin terlihat karena melibatkan penggantian banyak infrastruktur 4G mereka juga.

Berkenaan dengan broadband, divisi Openreach BT akan menanggung beban keputusan apa pun.

Saat ini bertujuan untuk memenuhi batasan dengan menggunakan dua vendor lain untuk membangun kapasitas FTTP baru daripada dengan mengganti peralatan Huawei yang ada, yang akan melibatkan biaya dan usaha tambahan.

Dan kemudian ada opsi nuklir.

Jika Mr Johnson ingin Huawei keluar dari jaringan telekomunikasi sama sekali, maka 70.000 kabinet pinggir jalan yang digunakan untuk menyediakan koneksi broadband yang ada juga perlu diperbaiki.

Pada saat itu, jumlah dan pekerjaan yang terlibat mulai menjadi kolosal.

Mengapa ini terjadi?
Ketegangan geopolitik antara AS dan Cina adalah alasan di balik peninjauan ke dalam penggunaan teknologi Huawei.

Washington mengklaim Huawei memiliki risiko keamanan nasional dan mendapat manfaat tidak adil dari dukungan pemerintah. Apakah klaim ini benar - dan Huawei menyangkal mereka - administrasi Trump jelas melihat perusahaan sebagai totem untuk penyebaran pengaruh Cina, dan sedang berusaha untuk mendorong kembali.

Langkah terakhirnya adalah sanksi yang dirancang untuk mencegah perusahaan agar dapat memproduksi chip sendiri.

Baik Huawei maupun perakit pihak ketiga yang diandalkannya tidak akan diizinkan untuk menggunakan perangkat lunak otomatisasi desain elektronik Amerika (EDA) - yang digunakan untuk merancang, mensimulasikan, dan memproduksi prosesor perusahaan - atau alat lain yang didasarkan pada kekayaan intelektual Amerika,

Saat ini tidak ada cara cepat untuk mengatasi ini, memimpin salah satu produsen chip terbesar di dunia - TSMC - untuk berhenti menerima pesanan baru dari perusahaan China.

Dengan waktu yang cukup, Huawei mungkin meyakinkan produsen untuk menjalankan jalur produksi "de-Amerikanisasi".

Tetapi dalam beberapa kasus tidak ada pengganti yang mudah. Secara khusus, itu akan kehilangan kemampuan untuk membuat chip padat dengan transistor seperti saat ini, yang berarti mereka tidak akan bekerja seefisien mungkin.

Akibatnya, Huawei mungkin harus membiarkan orang lain mendesain dan membuat chip di jantung produknya.

Namun, kepala keamanan Inggris khawatir bahwa ini akan mencegah mereka untuk memeriksanya secara menyeluruh.

Dan diyakini Pusat Keamanan Cyber ​​Nasional GCHQ telah memberi tahu para politisi bahwa keseimbangan risiko telah bergeser sebagai konsekuensinya.

Salah satu opsi yang telah dipertimbangkan adalah pemerintah menyarankan - tetapi tidak memesan - jaringan untuk berhenti menggunakan kit Huawei.

Tetapi puluhan anggota parlemen Tory telah menjelaskan bahwa mereka akan memberontak kecuali jika garis yang lebih keras diambil.

Bob Seely - anggota Kelompok Minat Konservasi Kelompok Minat Huawei - mengatakan kepada BBC bahwa ia yakin pemerintah akan mengumumkan bahwa tidak ada kit 5G Huawei baru yang dapat dipasang setelah 2021, dan semua peralatan tersebut harus dilepas pada akhir tahun 2025.

"Tidak semua orang akan puas dengan itu," katanya, tetapi menambahkan bahwa itu akan cukup untuk mencegah pemerintah kehilangan suara parlemen.

Apa yang bisa Huawei lakukan?
Untuk saat ini, perusahaan tampaknya berharap dapat mengguncang pikiran perdana menteri pada jam kesebelas.

Huawei dapat menyatakan bahwa mereka telah menimbun stok chipnya dan sanksi memungkinkan pengecoran logam di luar AS untuk terus membuat lebih banyak hingga pertengahan September.

Selain itu, ia dapat berjanji untuk menyisihkan sebagian dari pasokan itu secara khusus untuk memenuhi pesanan Inggris, dan dengan demikian menjamin bahwa ia tidak perlu mengirimkan kit menggunakan komponen pihak ketiga ke negara itu setidaknya selama dua atau tiga tahun - di mana AS sanksi mungkin berakhir.

Post a Comment for "Mengapa Inggris menutup telepon dengan suplai kit 5G dan broadband"